Friday, July 19, 2013

Sedikit Tentang Bonjeruk-Lombok Tengah

Berhubung dimalam yang sunyi ini, saya 'gak bisa memejamkan mata. Okelah, ada baiknya saya membagikan info buat teman-teman k1za on blog. Kali ini saya akan membagikan sebuah info tentang asal-usul nama sebuah daerah di Lombok.
Kali ini saya akan sedikit mengulas asal usul nama daerah Bonjeruk. Okey, cekidot ;)

                                               Bonjeruk
Nama yang mungkin tidak asing lagi bagi sebagian Lombok. Khususnya Lombok Tengah. Daerah ini merupakan kampung halaman kedua orangtua saya, yang kini berdomisili di Lombok Barat. Sedikit saya gambarkan tentang Bonjeruk. Bonjeruk terletak di Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. Bonjeruk terbagi menjadi beberapa dusun. Masyarakat desa Bonjeruk, masih banyak yang memegang teguh adat Sasaq ( khususnya para bangsawan ).
Bonjeruk sendiri berasal dari dua kata, yakni bowon ( sumur ) dan Jeruk. Nah, kedua kata ini berasal dari sejarah nenek moyang saya dahulu ( ngeksis dikit :D ).
Menurut sumber yang saya dengar. Pada jaman dahulu, terdapat kerajaan di Pujut. Saat itu, Pujut sedang dilanda kekeringan. Maka, diutuslah beberapa orang yang berasal dari kerajaan Pujut untuk segera mencari daerah yang terdapat air. Saat itu, begitu banyak tempat yang sudah dilalui oleh orang-orang tersebut. Tapi, sayangnya mereka tidak menemukan sumber air.
Hingga pada akhirnya, disuatu hari. Orang-orang yang telah diutus tersebut menemukan sebuah sumur diantara pohon jeruk. Sakin senangnya. Mereka kembali ke kerajaan Pujut untuk memberitahukan hal tersebut kepada Raja. Akhirnya, setelah diputuskan. Beberapa keturunan kerajaan akhirnya memilih untuk menetap disana dan memberikan nama Bonjeruk untuk daerah itu.
                                       ~~~~~~~~~~~~
Di Bonjeruk sendiri. Sekitar, tiga generasi diatas saya. Masih terdapat sebuah kerajaan kecil dipimpin oleh " Datu Jonggat ". Setau saya ( sotoy :D ), Beliau bernama " Raden Nune Umas " yang sekarang namanya diabadikan menjadi nama masjid didaerah Bonjeruk.

Sekian info yang dapat saya bagikan. Jika ada kesalahan, silahkan dikoreksi ^_^

1 comment:

  1. https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/keliru-kebiasaan-makan-buah-seperti-ini.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/kasihan-pada-orang-tua-bocah-pengidap.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/waspada-5-makanan-ini-justru-bikin.html

    Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete