Wednesday, July 17, 2013

Pocong sendiri ( lagi )



Tulisan ini, sebelumnya sudah pernah saya post di blogbaca.tk dan reunion.web.id. dan sebuah FP : Coretan Cerita Fiksi. Terimakasih :)
oOo
                Ini kisah gue, tepatnya kehidupan setelah gue mati. Gue pocong, iya pocong yang disebut-sebut suka lompat depan, belakang dan kiri, kanan. Kalian semua pasti udah ngebayangin gimana nyererminnya bentuk gue. Tapi, kalian semua salah kalau mikir wajah gue bakal kaya pocong kebanyakan. Gosong, item, matanya bolong, mukanya rata. Salah besar kalau kalian ngebayangin gue kaya gitu. Gue ini bisa dibilang pocong paling ganteng, pocong paling ganteng seantero kuburan se-Lombok. Gue putih, kafan gue juga masih bersih, secara gue baru mati kemaren, atau istilah orang “Tiren”. Kehidupan gue setelah mati bener-bener memuakkan. Gue juga bingung, apa karena gue emang ngerasa kesepian atau emang karena ‘gak pernah ada orang yang sudi mau ngeliat gue. Oke, gue ralat. Tepatnya mereka takut ngeliat wajah gue. Emang sih gue ganteng, tapi yang jelas gantengnya gue itu sebenarnya Cuma asumsi gue pribadi karena muka gue bersih sebersih kafan gue yang masih harum bau tanah. Omong-omong tentang kematian gue. Gue bener-bener sedih, gue sebenarnya bingung kenapa gue masih ada didunia manusia. Apa mungkin karena gue belum mati secara sempurna ? secara gitu, gue mati secara fenomenal,  alias bunuh diri ketabrak truk yang sebenenya keceplosan alias diluar dugaan, niat gue sih sebenernya cuma buat mendramatisir kisah hidup gue. Gue tau, lu lu pada pasti mikir itu ketololan tingkat 1 yang bener-bener bego’ . tapi kalian juga mesti tau alasan gue bunuh diri. Bukan karena cinta atau bahkan karena gue hamil diluar nikah. jelaslah gue ‘gak bakal hamil diluar nikah, secara gitu gue cowok. Bisa diulang lagi C-O-W-O-K, gue kan ganteng, bukan cantik. Balik lagi kealasan gue bunuh diri, gue bunuh diri karena gue galau, yang jelas bukan galau karena ke-ababilan gue yang meninggal pas SMA. Gue bunuh diri karena gue kecewa sama diri gue sendiri. Gue bener-bener kecewa karena gue ngecewain orang banyak. Banyaakkkk banget sampe-sampe otak gue waktu itu ‘gak bisa mencerna apa yang harusnya gue lakuin. Gue juga bener-bener malu karena saat itu, gue “gak lulus” UN. Klasik. Tapi, lu semua pada tau kan betapa kecewanya hati gue ? gue bener-bener sedih, ampe tiap malem gue selalu nangis ngeratap diatas atap para warga daerah disekitar rumah gue. Gue sebenernya pengen bilang ke mereka, tolong jangan ngatain atau ngomongin ketololan apalagi ke-tidak lulus-an gue dulu. Mereka semua ‘gak ngerti kalau digosipin itu rasanya pedih. Sepedih luka kena cuka’. Oke, gue bakal certain lu semua gimana menyedeihkannya akhir hidup gue.
Semasa hidup nama gue Brahma, gue terkenal sebagai salah satu cowok paling ganteng di sekolahan. Dengan kacamata gue yang buat gue keliatan ‘cool’. “ kulkas ? “ ujar kunti nyengir yang langsung gue sambit pake’ kapas di hidung gue. Kunti nangis, manggil emaknya. Udah, kita lupain tentang kunti oon yang lagi lapor emaknya tetang gue yang nyambit dia.
Gue bisa dibilang anak yang pintar karena semasa hidup gue ‘gak pernah lepas dari 3 besar disekolah. Dan gue bangga akan kepintaran dan kegantengan gue itu. Selayaknya manusia umumnya gue jatuh cinta, gue suka sama seorang cewek yang bisa dibilang biasa aja. Dia orang yang ceria dan natural ‘gak kayak cewek-cewek lain yang dempul sana, dempul sini. Haduh, ngebayangin doi gue jadi senyum-senyum sendiri nih.
                                                                                                oOo
“ Itu dia Beh, yang udah nyambit Unti pake kapas. “ Kuntilanak dating lagi kali ini bareng bokapnya Om Uwo alias genderuwo.
“ Heh, kamu yang udah buat anak saya nangis ? dasar pocong baru ! berani macam-macam kamu sama saya. “ Ujarnya mengancam.
“ Aduh, om. Ini anak Om yang duluan, dia ngegangguin saya lagi cerita kepemirsa dirumah. “
“ Apa ? masuk Tipi ya ? Unti, kenapa ‘gak bilang babe sih kalau kita masuk tipi ? udah, kita pulang, babe mau dandan dulu biar serem. “ Centil amat sih jadi genderuwo.
Udah, lupain lagi deh tentang kegajean keluarga aneh itu.
                                                                                                oOo
Semasa SMA dulu, gue ‘gak pernah berani ngungkapin perasaan gue ke cewek itu. Entah berapa lama gue pendam perasaan gue buat doi. Hingga suatu hari, gue beraniin diri buat nyatain cinta ke doi abis Ujian.
“ Ran, aku boleh jujur ‘gak ? “ dijawab angukan oleh Rani.
“ Ran, sebenarnya, aku.. “
“ Aku.. “
“ Aku kebelet pipis Ran, bentar ya ? “ itu kesalahan paling bego’ yang pernah gue lakuin. Entah kenapa gue tiba-tiba kebelet pas lagi mau nembak Rani. Huaduuhh.. gue ngibrit ke Toilet ninggalin Rani seorang diri.
Di toilet gue berusaha nenangin diri abis pipis buat ngilangin grogi sekalian belajar buat nembak Rani sekali lagi di depan cermin.
“ Rani, kamu mau kan jadi pacar aku ? pasti mau kan ya ? Aduh, makasi banyak ya sayang udah mau nerima cinta aku ! “ kalimat belajar nembak yang sungguh narsis, tapi gue yakin deh. Itu pasti terjadi, secara gue kan  termasuk ‘one of the handsome boy’ disekolah, belum lagi gue pinter. “ Narsis lu ah ! “ kali ini si Tuyi alias Tuyul yang angkat bicara. Gue jitak palanya. “ Diem lu ! mau diceritain kagak ? “ gue sewot. Tuyi diem.
Akhirnya, setelah beberapa menit di toilet gue keluar dan menuju ke Rani. Tapi, justru yang gue liat sesuatu yang sangat berbeda. Ada seseorang disamping Rani. Cowok pula. Tapi, gue tetap hampirin si Rani.
“ Ram, kok kamu lama banget sih di toilet ? “ Tanya rani.
“ Maaf Ran, tadi aku kebelet ! be-te-we ini yang disebelah kamu siapa yak ? “ Tanyaku penuh selidik.
“ Oh, ini. Kenalin, ini Ardi pacar aku. Dia kuliah di Bandung. “
“ Tapi, tapi.. ta-ta-pi, kok kamu ‘gak pernah cerita tentang cowok kamu, Ran ? “ gue mulai ngerasa air mata gue bakal becucuran.
“ masa sih ? perasaan aku sering deh cerita ke kamu Ram ! “ kata Rani. Ya, emang selama ini setiap Rani bicara yang gue perhatiin itu wajahnya bukan kata-katanya.
                                                                                                oOo
gue mewek dipundak Tuyi. “ Eh, Bang, lu kagak malu apa senderan sambil mewek gitu dipundak anak kecil ? “ Ujarnya.
“ diem lu botak ! gue lagi sedih nih. “
“ Jadi, itu yang buat abang bunuh diri ? “ Tanya Tuyi.
“ Bukan Tak, gue bunuh diri bukan sepenuhnya karena Rani. “ Gue lap ingus pake kafan gue.
“ Jorok amat sih Bang. “ Tuyi natap penuh jijik.
“ iihh si Botak, kagak tau apa gue lagi sedih ? “
“ Ya udah, lu lanjutin dulu dong ceritanya. Sedihnya ntar-ntar aja. “ Pinta si Tuyi. Benar juga sih kata si Tuyi.
“ Oke, gue lanjutin cerita gue ! hiks.. hiks.. “ gue nyemangatin diri sendiri.
                                                                oOo
Gue yang shock ‘and’ sedih tau si Rani udah punya pacar langsung pamit pulang ke Rani dan Ardi. Diperjalanan pulang gue mewek kaya anak kecil diambil permennya. Untung jalanan masih sepi.
Dirumah, nyokap nanyain gue.
“ Ada apa Ram ? mata kamu kok sembab gitu ? “ gue diam dan langsung menuju kamar. Dikamar gue nangis sejadi-jadinya. Gue sakit hati. Untungnya bentar lagi pengumuman UN. Gue yakin gue pasti bakal jadi yang terbaik kaya biasanya. Dan, itu bisa buat hati gue terhibur.
                                                                                                oOo
“ jadi, abang lulus dengan nilai yang bagus ? katanya abang bunuh diri gara-gara ‘gak lulus UN. Gimana sih ? “ kali ini Tuya kembaran Tuyi angkat bicara.
“ Motong mulu sih lu, Tak ! “ gue sewot.
“ yang tadi itu bukan Tuya bang, tapi Tuyi. Gimana sih si abang ? kok malah nyalahin Tuya ? “ dia mulai netesin ingus.
“ masa sih ? ya udah, maafin abang ya Tuya ? jangan nangis dong. Abang lanjutin cerita ya ? “ Hiburku, dijawab anggukan oleh Tuya.
                                                                                                oOo
Akhirnya hari pengumuman tiba. Gue malas keluar kamar setelah berhari-hari mewek. Mata gue sembab. Untungnya yang ngambil pengumuman harus Bokap. Gue terima jadi dirumah. Gue biasa aja karena gue yakin gue lulus. Secara, gue pintar.
Bokap gue datang, gue masih diem aja dikamar males nyamperin karena gue tau gue pasti lulus. Bokap nyamperin gue kekamar.
“ Ram, bapak sama mamak tau kamu udah belajar mati-matian buat UN. “ hanya itu yang diucapin bokap sambil ngasi gue amplop yang keliatannya udah dibuka bokap sebelum ngasi gue.
Gue masih biasa aja ngebuka amplop itu dan ngeliat tulisan disana yang gede amat deh. Isi amplop itu kurang lebih begini.
Siswa atas nama Brahma Putra Agatha dengan ini dinyatakan :
LULUS / TIDAK LULUS
Gue rasa waktu itu gue salah liat. Gue kucek mata gue terus liatin itu kertas sekali lagi. Tulisannya masih sama. Gue ‘gak lulus. Gue pingsan. Begitu bangun, gue liat nyokap ‘and’ bokap disebelah gue, mereka ngasi gue wejangan buat sabar. Gue bengong ‘gak percaya akan kenyataan ini.
Gue nangis lagi. Baru beberapa hari yang lalu gue nangis karena Rani udah punya cowok baru, sekarang gue musti nangis lagi gara-gara gue ‘gak lulus.
“ Ya Allah, cobaan apa ini ? Mengapa Engkau memberiku cobaan yang begitu berat ? “ gue nangis jejeritan di depan nyokap ‘and’ bokap gue. Mereka Cuma bisa bilang, “ Sabar, Nak. “
Gue yang ‘gak tau musti gimana akhirnya gue keluar rumah sambil lari jejeritan ke pinggir jalan berusaha untuk bunuh diri dan bisa ditebak, setelah gue tepat ditengah jalan ada truk yang lagi ngebut dan nabrak gue. Ketika sadar gue liat badan gue lagi dipeluk bokap ‘and’ nyokap. Gue terdiam karena yang gue tau, yang dipeluk bokap ‘and’ nyokap itu gue. Terus ? gue yang lagi berdiri disini disebelah mereka ini apaan ? gue bingung apa yang terjadi sama gue. Gue liat begitu banyak kunti nangkring dipohon sambil nyengir ala mereka.
“ kamu udah mati ! hihihihi “ Ujar si Kunti pohon palem.
“ lu boong ? gue masih idup. “ teriak gue. Kunti disana pada ngetawain gue. Gue kesel. Gue bejek mulut mereka. gue pengen nyumpel mulut mereka pake daun disebelah mereka. tapi sayangnya setiap gue mau megang sesuatu tangan gue kaya nembus apapun yang gue pegang kecuali si kunti yang bisa gue bejek mulutnya ampe doer. Gue ‘gak percaya ini terjadi sama gue. Gue sedih banget tapi entah kenapa ‘gak ada setetespun air mata yang jatuh dari mata gue.
Besoknya, entah gimana jadinya tiba-tiba kostum gue yang semula Cuma pake’ baju terakhir yang gue pake’ tiba-tiba berubah jadi kostum pocong. Gue baru sadar kalau ternyata hari ini gue udah dikuburin. Sejak itu gue ngerasa kesepian. Maka dari itu gue sering ngehantuin mereka yang suka ngomongin kematian gue.
                                                                                                                oOo
“ huuaa.. untung ada kalian, gue jadi ‘gak kesepian lagi Tuya, Tuyi. “ gue mewek sambil melukin dua makhluk botak ini yang udah gue anggap adik gue sendiri.
“ Iya Bang, jangan mewek lagi ya ? “ hibur Tuya.
Tuyi angkat bicara, “ Iya Bang, jangan sedih kita selalu ada kok buat abang. “ kata-kata Tuyi yang terakhir benar-benar nguatin gue.
“ Makasi Tuya, Tuyi. Kalian emang adek gue yang paling baek. “
“ Tuya, Tuyi, maen yuk ? “ Panggil si Noni Belanda kecil.
“ Ayuk, ! “ sahut mereka barengan.
“ Bang, pergi dulu ya ? “ mereka ninggalin gue. Dan sekarang gue sendiri lagi.
                                                                                                                oOo
semoga menghibur ;)

No comments:

Post a Comment