Tuesday, November 10, 2015

HMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SUARAKAN ANTI KORUPSI DI HARI PAHLAWAN



Kizaisback.blogspot.com-Yogyakarta, Hari pahlawan merupakan hari nasional yang diperuntukkan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Hari pahlawan yang jatuh pada hari Selasa (10/11/2015) ini dirayakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan cara melakukan orasi. Orasi yang dilakukan di tengah-tengah Pertigaan Jln. Laksda Adi Sucipto, Yogyakarta ini mengundang daya tarik tersendiri. Dengan berdiri diatas motor yang diletakkan ditengah-tengah pertigaan, pemimpin orasi dengan semangat hari pahlawan berteriak menyuarakan anti korupsi dan meminta pemerintah segera menangkap mafia penyebab asap yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan, diikuti oleh para peserta yang lain.

Fadel, salah seorang peserta orasi mengatakan orasi ini dilakukan sebagai bentuk tuntutan kepada pemerintah agar lebih serius mengentaskan kasus-kasus yang saat ini menjadi momok di Indonesia. “Sembari merayakan hari pahlawan, sekaligus nanti akan ada doa bersama terhadap para pahlawan. Orasinya tentang pahlawan. Terutama menuntut penuntasan korupsi, mempertahankan NKRI, juga memberantas mafia-mafia asap yang kemarin terjadi di Sumatera dan Kalimantan.” Ujar Fadel disela orasi.
Orasi yang dilaksanakan HMI UIN Sunan Kalijaga ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa kepada Indonesia. Sayangnya, menurut keterangan Fadel, orasi dihari pahlawan ini dilakukan di tengah-tengah pertigaan Jln. Laksda Adisucipto karena apabila melalui media cetak dan lain sebagainya aspirasi mereka cenderung tidak dihiraukan.
“Kami memilih lokasi ini karena  melihat akses publik yang sangat banyak agar aspirasi kami terdengar. Karena kami sudah tidak bisa menyuarakan pendapat dimedia cetak dan sebagainya karena sudah tidak direspon, maka dari itu kami turun ke jalan.  Kami juga berharap aspirasi kami didengar oleh masyarakat.” Ujar Fadel.
Orasi ini juga berlangsung tertib, terlebih orasi ini dilakukan tepat didepan pos polisi. Walaupun sudah memegang izin dari kepolisian setempat, kegiatan ini tetap dikawal oleh polisi yang duduk dipos polisi sembari melihat aksi yang perwakilan HMI ini lakukan.

No comments:

Post a Comment